Tahun
Pembangunan : 1926 – 1929
Arsitek : Frans
Johan Louwrens Ghijsels
Fungsi
Awal : Stasiun
Kereta
Fungsi
Sekarang : Stasiun
Kereta
Langgam : Art Deco
Klasifikasi
Bangunan : Membentuk Kawasan
Sejarah
Kondisi
Bangunan : Baik
Stasiun
kereta api adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang yang
menggunakan jasa transportasi kereta api. Stasiun Jakarta Kota (JAKK), adalah
stasiun kereta api terbesar di Indonesia yang terletak di Kelurahan Pinangsia,
kawasan Kota Tua, Jakarta, Indonesia.
Sejarah
Stasiun Kota
Pada
masa lalu, karena terkenalnya stasiun ini, nama itu dijadikan sebuah acara oleh
stasiun televisi swasta. Hanya saja mungkin hanya sedikit warga Jakarta yang
tahu apa arti Beos yang ternyata memiliki banyak versi.
Yang
pertama, Beos kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg
Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur), sebuah
perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Versi
lain, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang
artinya Batavia dan Sekitarnya, dimana berasal dari fungsi stasiun sebagai pusat
transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain
seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg(Bogor), Parijs van
Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.
Stasiun
Jakarta Kota atau yang dulunya lebih dikenal dengan nama Batavia Zuid atau
Stasiun Beos, awalnya dibangun sekitar tahun 1870, kemudian ditutup pada tahun
1926 untuk renovasi menjadi bangunan yang kini ada. Selama stasiun ini
dibangun, kereta api menggunakan stasiun
Batavia Noord. Sekitar 200 m dari stasiun yang ditutup ini dibangunlah Stasiun
Jakarta Kota yang sekarang. Pembangunannya dipimpin oleh seorang arsitek
Belanda kelahiran Tulungagung 8 September 1882 yaitu Frans Johan Louwrens
Ghijsels dan selesai pada 19 Agustus 1929 kemudian diresmikan dan digunakan
untuk pertama kalinya pada 8 Oktober 1929 oleh Gubernur Jendral jhr. A.C.D. de
Graeff yang berkuasa di Hindia Belanda pada 1926-1931.
Stasiun
Kereta Api Jakarta Kota (Beos) adalah stasiun kereta api berusia tua yang
berada dalam kawasan di Kota Tua Jakarta. Stasiun tua yang bersejarah ini sudah
ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI
Jakarta No. 475 tahun 1993.
Batavia
Zuid yang berarti Stasiun Batavia Selatan. Nama ini muncul karena pada akhir
abad ke-19, Batavia sudah memiliki lebih dari dua stasiun kereta api
Batavia
Zuid, awalnya dibangun sekitar tahun 1870, kemudian ditutup pada tahun 1926
untuk renovasi menjadi bangunan yang kini ada. Selama stasiun ini dibangun,
kereta api-kereta api menggunakan stasiun Batavia Noord. Sekitar 200 m dari
stasiun yang ditutup ini dibangunlah Stasiun Jakarta Kota yang sekarang.
Pembangunannya selesai pada 19 Agustus 1929 dan secara resmi digunakan pada 8
Oktober 1929. Acara peresmiannya dilakukan secara besar-besaran dengan
penanaman kepala kerbau oleh Gubernur Jendral jhr. A.C.D. de Graeff yang
berkuasa pada Hindia Belanda pada 1926-1931. Di balik kemegahan stasiun ini,
tersebutlah nama seorang arsitek Belanda kelahiran Tulungagung 8 September 1882
yaitu Frans Johan Louwrens Ghijsels
Kriteria
pemilihan bangunan konservasi berdasarkan kriteria Benda Cagar Budaya UU No. 11
Tahun 2012, yakni :
- Berusia 50 tahun / lebih
- Mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun
- Memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahun, pendidikan, agama dan atau kebudayaan
- Memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa
Stasiun
tua yang bersejarah ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat
Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 475 tahun 1993 dan sudah berumur
142 tahun. Walau masih berfungsi, di sana-sini masih terlihat sudut-sudut yang
kurang terawat.
Karakter
Bangunan Stasiun Kota Tua
Stasiun
Beos/ Stasiun Kota merupakan karya besar Ghijsels yang dikenal dengan ungkapan
Het Indische Bouwen yakni perpaduan antara struktur dan teknik modern barat
dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat.
Dengan
balutan art deco yang kental yang keindahannya dapat dilihat dari bentuk atap
dan bentuk pilar – pilar pintu utama pada sisi kiri, kanan, dan depan bangunan,
rancangan Ghijsels ini terkesan sederhana namun mengandung unsur seni yang
tinggi. Sesuai dengan filosofi Yunani Kuno, kesederhanaan adalah jalan
terpendek menuju kecantikan.
Berikut
dibawah ini adalah beberapa foto Stasiun Jakarta Kota pada tempo dulu sekitar
tahun 1929 :
- Bangunan tunggal yang memiliki pola asimetris baik pada bentuk dasar denah maupun fasade bangunan.
- Menggunakan atap lengkung sebagai ciri khas dari bentuk Art Deco.
- Fasade mempunyai bentuk yang simetris dan dibangun dengan gaya arsitektur art deco yang terlihat pada pilar-pilar atap pintu utama, pintu utara dan pintu selatan.
Konsep
Perancangan Konservasi
Eksterior :
- Menggunakan karakter kota tua / kota lama sebagai daya tarik untuk memberikan nilai tambah pada bangunan Stasiun Jakarta Kota.
- Mempermudah pencapaian ke dalam kawasan, menata sirkulasi kendaraan, dan pejalan kaki di dalam kawasan, serta menyediakan sarana parkir yang mampu memenuhi kebutuhan aktivitas pengunjung pada kawasan di sekitar bangunan Stasiun Jakarta Kota.
- Menata kembali system peragangan kaki lima yang berada di sekitar bangunan agar terlihat lebih rapi dan bersih.
- Pengadaan kembali kawasan – kawasan hijau di sekitar lokasi seperti taman dan sejenisnya sebagai sarana penunjang dan nilai tambah dari bangunan.
- Pengolahan fasad yang lebih menarik dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya, penertiban bagian – bagian fasilitas bangunan yang mencederai fasad bangunan sebagai bagian dari usaha mempertahankan jejak sejarah di kawasan Stasiun Jakarta Kota dan sekitarnya.
- Penertiban kegiatan penjualan di dalam Stasiun sangat dibutuhkan guna menjaga kebersihan dan kenyamanan penggunan stasiun.
- Pengaturan tata tertib di dalam stasiun juga sangat dianjurkan untuk menjaga ketertiban pengguna KRL sekaligus menciptakan pemandangan yang suasan yang nyaman di dalam stasiun.
- Khusus untuk bagian – bagian stasiun yang telah termakan usia atau yang tidak terurus, dianjurkan untuk melakukan perbaikan dan penataan kembali agar tidak menimbulkan pemandangan atau suasana yang mengganggu.
- Pengadaan fasilitas – fasilitas seperti tempat duduk sangat dianjurkan untuk memberikan tempat istirahat sementara bagi para pengguna KRL yang menunggu kedatangan/ keberangkatan KRL.
- Penyediaan fasilitas penyebrangan antar rel/ tempat pemberhentian kereta juga sangat perlu. Selain untuk mengurangi waktu dan jarak tempuh yang jauh karena harus kembali melalui jalur yang melalui dalam stasiun, juga mencegah terjadinya kecelakaan kereta yang disebabkan oleh aksi nekat para pengguna KRL yang menyebrang melalui jalur kereta.
Suasana Interior
Kesimpulan
Upaya
konservasi Stasiun Jakarta Kota merupakan hal yang harus dilakukan mengingat
bangunan ini merupakan bangunan landmark dan memiliki nilai sejarah yang
tinggi. Bangunan stasiun harus mampu terintegrasi dengan perkembangan
penumpang, juga mampu mengakomodasi kebutuhan penumpang dengan baik, serta
mampu tampil representatif sebagai gerbang menuju Kawasan Kota Tua yang saat
ini sedang direvitalisasi oleh pemerintah.
Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Jakarta_Kota
http://ayokejakarta.blogspot.co.id/2012/06/kota-tua.html
http://antariksaarticle.blogspot.co.id/2012/04/beberapa-teori-dalam-pelestarian.html
http://kynpraha.blogspot.co.id/2012/07/konservasi-arsitekur-stasiun-kereta-api.html
Materi bagus, lay out perlu perbaikan
BalasHapusThank you so much for such a great help.ยูฟ่าเบท
BalasHapussmm panel
BalasHapusSmm panel
iş ilanları
İnstagram takipçi satın al
Hırdavatçı burada
beyazesyateknikservisi.com.tr
SERVİS
tiktok jeton hilesi