Cari Blog Ini

Kamis, 22 November 2012

Koperasi di Indonesia semakin 'abu-abu'

Pertumbuhan koperasi di Indonesia saat ini secara kuantitatif semakin positif, namun secara kualitatif dinilai semakin negatif. Di karenakan penyalahgunaan oleh oknum-oknum tertentu yang memberi dampak image koperasi memburuk. Bagaimana tidak, beberapa lembaga yang menyebut dirinya sebagai lembaga koperasi disalah gunakan begitu saja.

Koperasi bertugas untuk membantu dan mensejahterakan rakyat. Faktanya koperasi saat ini, masih sulit untuk memperoleh pinjaman dana akibat masalah struktural. Seharusnya peran pemerintah bisa melakukan peran perantaranya secara elegan, misal dengan mengaktifkan lembaga penjaminan simpanan atau pinjaman.

Makna peran Koperasi dan UMKM seringkali salah. Padahal koperasi ialah lembaga ekonomi, dan UMKM ialah skala ekonomi. Kadang persepsi inilah yang seringkali membuat koperasi kecil dan tidak prospektif.

Sejauh ini, upaya Kementrian koperasi dan UKM untuk membangun citra koperasi di Indonesia sudah ada namun belum cukup. Membangun kembali citra baru itu butuh waktu yang lama serta membutuhkan mindset yang mendasar. Generasi muda harusnya sudah mulai mengetahui dan mendalami koperasi, jangan sampai mereka melupakannya di masa mendatang.

Sumber :

http:// inspirasitabloid.wordpress.com/category/ekonomi/page/2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar