Cari Blog Ini

Jumat, 26 Oktober 2012

Peranan UKM terhadap Perekonomian Indonesia

Kita pasti sering mendengar istilah UKM. Kepanjangan UKM ialah Usaha Kecil Menengah. Dengan banyaknya UKM sangatlah membantu suatu perekonomian bangsa, karena dapat meningkatkan pendapatan suatu masyarakat, menaikkan derajat suatu bangsa. Perkembangan UKM diharapkan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan, kontribusi UKM untuk GDP Indonesia menurut catatan Pemerintah ada di kisaran 56,5%. Sementara penyerapan tenaga kerja di sektor UKM cukup mendominasi 66,74 %. Menurut Kementrian UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), jumlah UMKM di tahun 2011 menembus angka 55,21 juta unit. Dengan proporsi usaha kecil sebanyak 609.195 unit, sedangkan usaha menengah menyumbang 44.280 unit. Sebuah Sinyal cukup jelas menandakan perlunya sektor UMKM atau dalam terminologi bisnis sering disebut SME (Small and Medium Enterprises) Indonesia sangat perlu dibantu dan didampingi, agar kontribusi terhadap GDP, penyerapan tenaga kerja Republik mempunyai grafik terus menaik.

Sebagai warga negara, kita haruslah memiliki jiwa enterpreneurship maksudnya ialah mandiri, selalu berjuang, gigih, pantang menyerah, kreatif, dan pintar membaca peluang untuk dijadikan usaha. Dengan begitu, kita menciptakan lapangan usaha untuk para pengangguran, sehingga mengurangi beban perekonomian negara.

Sebenarnya ada banyak peluang usaha di Indonesia ini, karena kita adalah negara yang subur, kaya akan sumber daya alam, serta budaya. Sebagai contoh kecil, setiap ada suatu pembangunan suatu proyek atau apapun yang berkaitan dengan pekerja yang banyak. Maka di dekat daerah tersebut pasti akan berdiri warung-warung kecil yang menjual rokok, makanan, minuman, dll. Usaha ini disebut UMKM yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah. Sedangkan UKM ialah lebih besar pendapatannya dari UMKM dan sangat lebih membangun perekonomian Indonesia.


SUMBER :

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/01/16/menuju-ukm-tidak-satu-titik/
http://www.infobanknews.com/2011/04/kontribusi-koperasi-dan-ukm-terhadap-pdb-capai-566/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar